WEB PUSKESMAS

 

Agenda rapat membahas tentang kegiatan kesehatan kerja dan olahraga yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang khususnya Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang ada di Kota Tanjungpinang. Adapun kegiatan yang sudah dilakukan yaitu pembinaan pos UKK, Pemeriksaan Kebugaran Calon Jemaah Haji, Pemeriksaan Kebugaran Anak Sekolah Dasar, Pembinaan Kelompok Olahraga di Masyarakat, Pembinaan Kegiatan Olahraga di Sekolah, Kegiatan Pembinaan terhadap perusahaan yang melaksanakan kegiatan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif dan pembinaan kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja di Puskesmas.

Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya di dalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk kelompok pekerja mandiri, kecil dan mikro di masyarakat. Pembentukan Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) berasal dari keinginan masyarakat pekerja sendiri, dengan ketentuan   jenis pekerjaan yang sama dan memiliki anggota 1 Pos UKK sebanyak 10 sampai 50 orang pekerja.

Tujuannya adalah untuk mengupgrade pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri, pelayanan kesehatan kerja oleh kader, pekerja dan tenaga kesehatan. Serta pengetahuan tentang munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.

Manfaat Pos UKK bagi pekerja adalah dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan kerja dan memperoleh pelayanan kesehatan kerja yang terjangkau. Bagi kader kesehatan, Pos UKK memiliki manfaat mendapatkan informasi lebih awal tentang kesehatan kerja. Sedangkan bagi Puskesmas, mampu memperluas jangkauan pelayanan dan mengoptimalkan fungsi puskesmas. Dilain pihak manfaat bagi sektor lain yakni bisamemadukan kegiatan sektornya dan pemberdayaan masyarakat dengan lebih efektif dan efisien.

Terdapat 8 Pos UKK di Kota Tanjungpinang yang tersebar di 5 wilayah Puskesmas, adapun sektor non formal yang terbentuk yaitu nelayan, buruh bongkar muat, petani dan pengrajin batu.

Kegiatan pemeriksaan kegugaran dilakukan kepada Calon Jemaah Haji dan anak Sekolah Dasar.

Kegiatan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif dilaksanakan di perusahaan yaitu : PT. Panca Rasa Pratama dan PT. Swakarya Indah Busana.

Kegiatan pembinaan olahraga dilakukan di Sekolah maupun klub olahraga yang ada di masyarakat melalui Puskesmas yang ada di Kota Tanjungpinang.