WEB PUSKESMAS

 

Permenkes No.25 Tahun 2014 mengamankan upaya peningkatan kesehatan usia sekolah dan remaja sedikitnya dilakukan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan kesehatan kepada remaja diluar sekolah. Kementerian Kesehatan bersama WHO mengembangkan Posyandu remaja dan telah tersebar hamper 200 posyandu remaja di 10 Provinsi. Dalam upaya pembinaan posyandu remaja tersebut, Direktorat Kesehatan Keluarga bekerjasama dengan Ritgers WPF menyusun instrumen monitoring penyelenggaraan dan akan diujicobakan di posyandu remaja terpilih.

Sehubungan dengan hal tersebut Kota Tanjungpinang sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang terpilih untuk dilakukan “Ujicoba Alat Bantu Monitoring Posyandu Remaja”. Ujicoba ini dilakukan di Posyandu remaja Fresh (Posrem Fresh) pada Hari Minggu tanggal 26 Mei 2019. Kegiatan dihadiri oleh Lurah Pinang Kencana (Bapak Husain Al Hamid, S.IP), Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Rustam,SKM.,M.Si) Tokoh Masyarakat, Kabid Kesmas (dr.Nugraheni Purwaningsih,MPH) dan Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat (Dumasari Rambe,SST) dan dilanjutkan dengan acara buka bersama.

Kegiatan pemaparan materi di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang pada Senin tanggal 27 Mei 2019 dengan peserta sebanyak 30 orang terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggungjawab Program Remaja serta perwakilan dari 7 posyandu remaja yang ada di Kota Tanjungpinang. Tampil sebagai narasumber Bapak Rustam,SKM.,M.Si, dr.Wenny dari Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI serta Bidan Kemistia Eva,SST dari Puskesmas Batu 10. Adapun tujuan dari dilaksanakannya ujicoba ini adalah untuk mengetahui  sejauh mana implementasi, inovasi, kendala dan permaslahan yang ada serta keterlibatan dari masyarakat khususnya lintas program dan lintas sektor terkait dari pelaksanaan kegiatan posyandu remaja yang ada.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Rustam, SKM.,M.Si) berharap agar posyandu remaja dapat bertambah jumlah serta kualitas pelayanan dan inovasi terus meningkat juga lerjasama dalam lintas program dan lintas sektor terkait lainnya.